Manfaat Jaringan Cloud Computing dan Akun di Era Digital

Sekarang ini jaringan cloud computing harusnya sudah diterapkan di berbagai aplikasi. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas manusia. Contohnya seperti simpan data secara Online dengan memanfaatkan server yang disediakan oleh penyimpanan cloud.

Teknologi cloud didefinisikan sebagai jaringan yang terhubung dari satu perangkat ke perangkat lain dan menggunakan internet sebagai perantaranya. Jadi dengan teknologi itu, kamu bisa tetap menyimpan data dan mengolahnya langsung asalkan perangkat tersambung ke internet.

Metode penyimpanan dengan jaringan cloud computing ini sudah banyak diterapkan di berbagai aplikasi dan perangkat. Namun, beberapa orang masih belum bisa memaksimalkan fitur – fiturnya. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan ketika menggunakan teknologi tersebut.

Kamu juga tidak perlu khawatir penyimpanan penuh ketika menggunakan penyimpanan cloud. Data yang diunggah di server tidak akan pernah hilang dan kapasitasnya bisa ditingkatkan lagi. Peningkatan kapasitas bisa kamu coba dengan membeli biaya berlangganan di servernya.

7 Manfaat Menggunakan Jaringan Cloud Computing

Dengan menggunakan teknologi jaringan cloud, kamu bisa mendapatkan akses ke penyimpanan virtual. Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa diambil dari manfaat – manfaatnya. Berikut ini ada 7 keuntungan yang bisa didapatkan ketika kamu menggunakan Cloud Computing.

  1. Efisien

Jaringan cloud menggunakan server dan koneksi internet untuk terhubung dengan perangkat kamu. Untuk dapat mengakses data simpanan, kamu butuh akun atau jalur menuju ke server. Dengan akun tersebut, penyimpanan cloud bisa diakses dari perangkat mana saja.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu efisiensi yang diberikan jaringan cloud computing. Dari satu perangkat, kamu sudah bisa mendapatkan data yang disimpan. Proses penyimpanan dan pengambilan datanya sama seperti kamu mengunduh data atau mengunggahnya ke internet.

Setiap perintah untuk mengolah data cloud harus terhubung internet. Jika tidak terhubung, proses akses data ke server belum bisa kamu dapatkan. Namun di era digital sekarang ini semua tempat sudah dijangkau jaringan internet sehingga kamu tidak perlu khawatir.

  1. Cocok untuk Bisnis

Cloud memiliki 4 jenis yaitu privat, komunitas, publik dan hybrid cloud. Dengan keempat jenis tersebut, cloud memiliki jalur aksesnya masing – masing. Untuk privat, kamu butuh akun agar bisa login ke dalam server sedangkan publik tidak perlu akun agar dapat mengaksesnya.

Jaringan cloud cocok untuk bisnis karena keempat jenisnya bisa dimanfaatkan untuk simpan data perusahaan. Contoh sederhana, kamu menyimpan data di cloud komunitas. Dengan link atau jalur akses, semua karyawan juga bisa mengolah data di dalamnya.

Sama halnya dengan hybrid cloud yang memiliki fasilitas gabungan yaitu privat dan publik. Dari perusahaan bisa menerapkan interaksi B2B (Business to Bussines) untuk memberikan akses jaringan cloud computing ke setiap karyawan perusahaan berdasarkan statusnya.

  1. Data Bertahan Selamanya

Kelebihan cloud adalah datanya akan tersimpan di dalamnya selama server itu masih aktif. Jika tidak dihapus atau dipindahkan, data akan tetap ada di dalam server. Kamu tentunya bisa lebih diuntungkan karena data tidak mungkin hilang akibat corrupt atau kerusakan alat.

Ketika menggunakan memori fisik seperti HDD atau SSD, perangkatnya bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik. Namun hal itu tidak menjadi masalah ketika kamu menggunakan cloud sebagai tempat penyimpanan karena datanya aman dan bisa bertahan lama.

Jaringan cloud computing juga tidak memakan banyak tempat akibat data sementara atau cache. Jadi dengan kapasitas yang ada, semua itu bisa diisi dengan data milikmu sendiri. Hal ini lebih baik dari HDD karena cache bisa memakan tempat dan mengurangi kapasitas.

  1. Tidak Perlu Memori Fisik

Karena bersifat virtual, kamu tidak perlu khawatir untuk membawa data ke mana saja. Cukup dengan jaringan internet dan login ke dalam server, kamu sudah bisa akses penyimpanan. Terkadang, memori fisik bisa rusak ketika sering digunakan atau mengalami benturan.

Kondisi itu akan merugikan pemilik karena datanya bisa hilang tanpa adanya recovery data. Berbeda dengan cloud yang tempat penyimpanannya dalam bentuk virtual di server. Kamu tidak akan kehilangan data selama akun masih bisa digunakan untuk akses server.

Dengan adanya jaringan cloud computing, kita jadi lebih dimudahkan dalam menyimpan data penting. Pemerintah juga menggunakan servernya sendiri untuk menyimpan biodata setiap warga negaranya agar bisa diakses oleh setiap organisasi dan instansi negeri.

  1. Transfer Data Dipermudah

Tentu saja memori membutuhkan transfer data agar fungsinya bisa dimaksimalkan. Dengan cloud, kamu bisa mengirim data dari mana dan ke mana saja secara cepat. Hal ini bisa terjadi karena pengiriman data hanya butuh akses server melalui link atau domain.

Karena menggunakan domain, pengirimannya jadi lebih mudah dan simpel. Efisiensi transfer data bisa meningkatkan produktivitas karyawan di kantor. Teknologi yang membantu kita di era digital ini harus dimanfaatkan agar semua kebutuhan bisa dijalankan dengan mudah.

Saat menggunakan jaringan cloud computing, transfer data juga tidak memakan waktu sama sekali. Proses unduh data biasanya yang memakan waktu lama sehingga koneksi jadi acuan utamanya. Jika koneksi internet kamu cepat maka proses unduhan singkat dan sebaliknya.

  1. Manajemen Data Mudah

Jaringan penyimpanan cloud menggunakan model dan fitur yang sama seperti penyimpanan pada umumnya. Kamu bisa memanajemen data seperti membuat folder atau mengurutkan berdasarkan nama, tanggal edit data, ukuran hingga berkas yang ada di dalamnya.

Namun dari setiap fitur tersebut, sistem cloud dapat memperlihatkan pihak yang mendapat akses data di dalamnya. Jadi, manajemen akan lebih optimal karena kategori data dan berkas bisa ditujukan untuk pihak – pihak lain yang membutuhkannya.

Cara kerja fitur ini sama seperti kamu mentransfer data ke pihak lainnya. Dengan memberi link folder data penyimpanan, semua orang bisa akses data yang diperlukan. Jaringan cloud computing bisa diakses orang lain jika privasi folder itu diatur ke dalam bentuk publik.

  1. Aman

Karena datanya tidak mungkin hilang, berkas kamu jadi lebih aman dan terjaga dengan baik. Namun, kamu juga harus menggunakan server yang kualitasnya sudah terbukti baik. Untuk menyimpan berkas penting, kamu butuh server yang memiliki keamanan tinggi.

Hal ini diperlukan untuk menghindari upaya peretasan oleh oknum – oknum tertentu. Meski aman dari kehilangan data, server bisa tetap diretas karena perkembangan teknologi di masa sekarang sudah semakin canggih. Oleh sebab itu, manfaatkan jaringan cloud computing dengan maksimal.

Selain terhindar dari data corrupt, jaringan cloud juga memiliki sistem penyimpanan sampah. Ketika ada data yang tidak sengaja di hapus, kamu bisa melihat folder sampah. Fitur ini sama seperti program penyimpanan pada umumnya, namun dibuat lebih aman dan simpel.

Dari ketujuh keuntungan di atas, kamu bisa memanajemen data dengan lebih baik. Untuk harga aksesnya juga murah sehingga kamu bisa dapat untung lebih banyak. Server jaringan cloud computing memang sangat menguntungkan karena berbagai manfaat yang diberikan.\

Leave a Reply

Your email address will not be published.