Mobil Masa Depan dengan Berbagai Inovasi Tercanggih

Menggunakan mobil masa depan tentu menjadi salah satu keinginan dari banyak orang, sebab kendaraan menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Setelah melewati banyak perkembangan pada kendaraan, kini kita memiliki kendaraan bernama mobil.

Kendaraan roda empat tersebut tentu saja terus mengalami perkembangan saat ini, dari yang awalnya hanya berfungsi untuk mengantarkan manusia ke tempat yang jaraknya jauh, dengan memanfaatkan mesin, kini dilengkapi dengan radio, AC, bluetooth hingga touch screen

Tidak ada yang bisa menentukan sebenarnya, bagaimana ide mobil masa depan yang ada di pikiran setiap manusia. Sebab semua orang memiliki anggapannya sendiri, hingga kini terdapat banyak perubahan pada kendaraan roda empat tersebut yang wajib kamu ketahui.

Kini berkendara sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, jika kita ingin pergi ke kantor atau ke suatu tempat, manusia pasti membutuhkan kendaraan, karena mampu menghemat waktu dan tenaga yang dimilikinya, agar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih penting.

Beberapa Inovasi Tercanggih pada Mobil Masa Depan

Hampir setiap orang memiliki kendaraan tersendiri, di Indonesia sendiri jumlah mobil semakin meningkat dari tahun ke tahun. Inilah salah satu dampak negatif kepemilikan kendaraan, yaitu macet pada lalu lintas yang membuat kamu membutuhkan waktu lebih banyak di perjalanan.

1.     Airbags

Salah satu inovasi yang terdapat pada mobil masa depan adalah airbags, inovasi ini sudah ada di masa sekarang yang sangat bermanfaat dalam menjaga keamanan saat berkendara. Airbags juga wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan, karena kecelakaan lalu lintas rawan terjadi.

Dengan adanya airbags, maka pengemudi dan penumpang bisa terhindar dari benturan saat kendaraan menabrak sesuatu. Airbags terdiri dari nilon tipis yang berisi udara, dan mengembang dengan sendirinya ketika tabrakan keras terdeteksi, yang akan menjaga organ vital pada tubuh.

2.     Hands Free Driving

Fitur hands free driving menjadi salah satu bentuk inovasi, yang mungkin pernah terlintas di pikiran pembaca. Bagaimana bisa mobil berjalan sendiri tanpa dikemudikan, hanya saja fitur ini tidak dapat digunakan dalam waktu panjang, karena tetap harus diawasi oleh pengemudi.

Waktu terbaik untuk menggunakan fitur hands free driving adalah saat berada di jalan tol, yang sedang lenggang dan tidak ada kemacetan. Kamu bisa saja menyalakan fitur ini saat berada di kemacetan, namun harus tetap diawasi dan siaga dalam memegang kemudi dan rem mobil.

3.     ABS, EBD dan BA

Mobil masa depan dilengkapi dengan ABS yaitu Anti-lock Breaking System, yaitu sistem rem yang disematkan saat kendaraan mengalami pengereman mendadak, sehingga kendaraan tidak akan mengalami penguncian yang menyebabkan mobil bisa terguling.

Lalu fitur EBD atau Electronic Brake-force Distribution, berguna mengatur distribusi tekanan rem pada setiap ban sesuai dengan kebutuhan, sesuai beban yang dipikul pada setiap ban. Adapun Brake Assist atau BA, yang akan mengatur sistem pengereman bekerja lebih cepat.

4.     Parking Sensor

Mobil masa depan juga dilengkapi dengan parking sensor, saat membawa kendaraan sendiri dan ingin memarkirkannya, tentu akan terasa sulit apabila tidak akan tukang parkir yang memantau setiap sisi kendaraan, terutama bagian belakang mobil.

Namun dengan adanya parking sensor, tentu saja pengemudi tidak perlu khawatir menabrak sesuatu, karena semuanya akan terdeteksi oleh sensor yang akan menyala ketika kendaraan mendekati benda disekitarnya, selain itu kamu juga bisa memantaunya di head unit.

5.     Gesture Recognition

Mobil masa depan juga dilengkapi dengan fitur bernama gesture recognition, dimana fitur ini bekerja ketika kamu memberi gerakan gestur tangan pada head unit. Inovasi ini memang belum dimiliki oleh semua kendaraan, namun pada merk-merk tertentu kamu akan menemukannya.

Isyarat tangan yang diberikan juga beragam, tergantung merk mobil yang kamu miliki. Karena gestur tangan ini perlu dihapal terlebih dahulu, banyak pengemudi lebih memilih menggunakan head unit secara manual, selain itu terkadang sensor tidak bisa mendeteksi gerakan tangan.

6.     Port USB

Saat ini pada setiap kendaraan sudah tersedia port USB, dimana port tersebut akan berguna bagi pengemudi dalam mengisi daya smartphone, tablet atau laptop mereka. Dengan adanya port USB, maka pengemudi tidak perlu khawatir akan kehabisan daya pada perangkat mereka.

Biasanya port USB akan terletak di head unit, dan beberapa lainnya terletak di seat penumpang, sehingga jika kamu ingin mengisi daya atau untuk menyalakan perangkat, dapat dilakukan di mobil tanpa perlu menunggu sampai di lokasi tujuan.

7.     Mode Berkendara

Hampir semua mobil masa depan sudah dilengkapi dengan mode berkendara, dimana kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan saat mengemudi. Mulai dari mode Normal, Sport dan Eco, yang memiliki setting mesin dan transmisi berbeda-beda.

Saat mengaktifkannya maka secara otomatis setting mesin dan transmisi akan berubah, inilah yang membuat pengemudi dapat mengatur debit bahan bakar menjadi lebih efisien. Hadirnya fitur ini, maka kamu bisa mendapat pengalaman mengemudi dengan cara berbeda.

8.     Keyless Smartkey

Mobil masa depan juga dilengkapi dengan keyless smartkey, dimana kamu tidak membutuhkan kunci saat hendak membuka pintu kendaraan. Bahkan saat kunci dimasukkan ke kantong saja, pengemudi tetap bisa membuka pintu kendaraan secara otomatis.

Fitur ini tidak hanya membuat kamu terlihat keren, namun juga mempermudah saat sedang membawa banyak barang bawaan dan sulit memegang kunci mobil. Namun fitur ini tidak bisa berfungsi dengan semudah itu, ada fitur keamanan sehingga tidak bisa digunakan oleh orang lain.

9.     Tombol Digital

Kebanyakan mobil masa depan juga menggunakan tombol digital atau touch screen, dimana kamu tidak lagi menyentuh tombol dalam bentuk fisik. Meskipun masih ada beberapa mobil, yang tetap mempertahankan tombol konvensional demi mempermudah pengendara.

Seperti pada bagian pengatur volume, atau penataan lampu. Beberapa pengemudi memang berpendapat, jika tombol digital pada fungsi tombol tertentu sebaiknya tidak dihilangkan, karena akan lebih sulit mengaturnya jika semuanya diubah ke dalam bentuk digital.

Touch screen memang sudah tidak asing lagi di kehidupan manusia, sebab saat ini hampir semua smartphone memanfaatkan layar touch screen. Sehingga dalam penggunaannya, fitur ini juga tidak begitu sulit digunakan karena mudah dipahami dan diaplikasikan oleh manusia.

10.  Apple CarPlay dan Android Auto

Salah satu bentuk inovasi terbaru antara bidang komunikasi dengan transportasi, pada sistem operasi Apple dan Android. Dimana kamu bisa menghubungkan smartphone ke bagian head unit mobil, sehingga kamu akan tetap fokus untuk mengemudi tanpa terganggu oleh handphone.

Karena terhubung dengan head unit, maka akan lebih mudah bagi pengemudi untuk memilih menu yang diinginkan. Kelebihan dari Apple CarPlay dan Android Auto yaitu kamu bisa menerima panggilan dan pesan, mendengarkan musik serta terhubung dengan GPS.

Sehingga memegang smartphone saat berkendara sudah tidak lagi diperlukan, semuanya akan terhubung di head unit. Saat mengangkat telepon, suara akan di speaker, namun kamu bisa mengubungkannya ke dalam perangkat yang terhubung bluetooth, jika ingin menjaga privasi.

Banyak sekali ragam inovasi tidak terduga, dan tentunya ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun beberapa inovasi mobil masa depan juga sudah bisa kamu temukan, dan telah digunakan oleh banyak orang saat ini dalam mengemudikan kendaraannya.\

Leave a Reply

Your email address will not be published.