Perkembangan Sistem Pengenal Wajah yang Berdampak Positif

Tahukah kamu, sistem pengenal wajah sudah mendapatkan berbagai macam peningkatan. Di era digital sekarang, teknologi Face Recognition atau pengenal wajah mulai memasuki berbagai sektor. Tentu saja, teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mencakup berbagai bidang yang ada.

Dalam bidang teknologi khususnya gadget, Face Recognition digunakan untuk membuka kunci suatu perangkat. Contohnya seperti HP atau laptop yang menggunakan kamera sebagai alatnya. Kamera akan mendeteksi wajah dan mencoba untuk mengenali struktur biometriknya.

Jika sesuai dengan data yang ada di sistem pengenal wajah, maka kunci perangkat tersebut akan terbuka secara otomatis. Tidak hanya di bagian teknologi gadget saja, pengenal wajah juga telah banyak digunakan untuk absensi karyawan kantoran agar disiplin dan tepat waktu.

Potensi teknologi ini sangat besar untuk menunjang kehidupan manusia. Dengan teknologi yang ada, orang hilang sekalipun bisa dicari karena wajahnya akan dikenali sistem. Tentu saja untuk dapat bekerja optimal, Face Recognition butuh kamera sebagai alat pendeteksi utamanya.

Potensi Penggunaan Sistem Pengenal Wajah di Masa Depan

Besarnya potensi perkembangan teknologi pengenal wajah bisa dirasakan oleh setiap orang. Baik untuk masyarakat, perusahaan teknologi hingga pemerintahan, sistem ini akan dapat merasakan. Berikut beberapa aspek yang bisa dipengaruhi oleh perkembangan pengenal wajah.

  1. Dunia Medis

Pada dasarnya teknologi FR dapat bekerja karena wajah seseorang memiliki struktur yang identik. Karena teknologi biometrik yang ada, struktur tersebut bisa dikenali dengan mudah. Tahap 3 sistem Face Recognition bisa mengidentifikasi wajah seseorang secara detail.

Dalam dunia medis, teknologi ini bisa digunakan untuk mengetahui umur dan kondisi kamu. Kesehatanmu bisa diketahui dari struktur wajah, ekspresi hingga caramu memandang. Sistem pengenal wajah yang terintegrasi dengan Artificial Inteligence akan mengenali kondisinya.

Dari pemrograman yang ada, kondisi kesehatanmu bisa diketahui dalam waktu cepat. Potensi ini bisa dilihat dan sudah diuji coba di beberapa rumah sakit. Tentu saja hal ini jadi salah satu kemajuan di dunia medis karena teknologinya mampu mengidentifikasi secara langsung.

  1. Fashion

Salah satu bidang yang ikut terpengaruh dengan perkembangan teknologinya adalah Fashion. Dengan menggunakan sistem yang ada, AI dapat mengenal karakteristik seseorang. Melalui karakteristik tersebut, pemilihan Fashion jadi lebih mudah dan dilakukan secara cepat.

Potensi pengembangannya sangat besar karena beberapa perusahaan sudah menggunakan pengenal wajah untuk marketing. Salah satu contohnya adalah dengan mengategorikan umur audiens menggunakan pengenal wajah dan memberikannya rekomendasi style terbaik.

Karena sistem pengenal wajah dilengkapi dengan teknologi AI, maka proses pendeteksiannya jadi lebih akurat. Dengan cara ini, perusahaan Fashion bisa mendapatkan target yang tepat. Karakteristik wajah seseorang jadi acuan untuk menentukan Style Fashion miliknya sendiri.

  1. Keamanan

Di masa sekarang ini, pihak kepolisian sudah menggunakan teknologi pengenal wajah untuk menjaga keamanan. Sistem ini dapat mengenali wajah masyarakat sekitar secara lebih jelas. Salah satu contohnya adalah mencari pelaku kriminal dari wajahnya yang masuk ke CCTV.

Polisi bisa melacak keberadaan pelaku dengan menggunakan jaringan yang ada. Dengan cara ini, proses pencariannya jadi lebih cepat dan efisien. Tentu saja polisi masih dibatasi dengan penyebaran CCTV yang ada karena penerapannya membutuhkan waktu lama.

Namun jika dilihat dari potensinya, sistem ini masih bisa berkembang lebih jauh lagi. Sistem pengenal wajah dapat terhubung dengan perangkat keras seperti HP atau dash cam mobil. Karena terhubung dengan kamera di sekitar, keamanan jadi lebih bisa ditingkatkan.

  1. Pendataan Pemerintah

Tentu saja untuk menjaga keamanan negara, kepolisian bekerja dengan pemerintah untuk membangun sistem pendataannya sendiri. Data masyarakat akan dimasukkan ke dalam pusat sebagai aset negara yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Sistem akan terhubung dengan lembaga pemerintah lainnya untuk mengenali identitas kamu. Untuk mendapat dokumen penting misalnya seperti Paspor, pasti wajah akan dicek terlebih dahulu. Tanpa adanya data dari pemerintah, sistem ini tidak akan bisa dimaksimalkan.

Potensi perkembangan sistem pengenal wajah ke depannya bisa dimanfaatkan sebagai alat pantau. Sama halnya seperti keamanan, sistem ini akan diintegrasikan dengan AI dan jaringan internet. Dengan begitu, teknologi pengenal wajah ini bisa dioperasikan dari jarak jauh.

  1. Hiburan

Di bidang hiburan, teknologi ini dapat mencakupi berbagai aspek. Contohnya untuk membuat film animasi 3 dimensi yang membutuhkan pendeteksi wajah. Animasi 3 dimensi yang sudah bisa menampilkan karakter ekspresif biasanya menggunakan teknologi pengenal wajah.

Selain film, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk artis virtual. Jika dilihat dari konten hiburan yang ditampilkan, artis virtual menggunakan karakter dan bisa bernyanyi. Bahkan di era digital sekarang ini, sudah ada banyak Vtuber yang tersebar dari berbagai negara.

Vtuber sering didefinisikan sebagai virtual Youtuber dan kontennya berisi hiburan. Teknologi sistem pengenal wajah digunakan untuk mendeteksi ekspresi orang dibalik layar. Ketika ada ekspresi tertentu, maka wajah karakter juga akan mengikuti struktur wajah yang dideteksi.

  1. Pembuatan Game

Perusahaan teknologi pembuat game pada dasarnya sudah menggunakan cara kerja sistem ini sejak lama. Setiap karakter yang dianimasikan ke dalam game, pasti menggunakan wajah asli seseorang sebagai acuan utamanya agar karakternya terlihat lebih hidup.

Dengan berbagai macam ekspresi yang ada, game dapat terasa lebih menyenangkan. Apalagi di era digital sekarang ini, ada teknologi Unreal Engine 5 yang lebih realistis. Video game jadi lebih terlihat nyata dan detail dalam berekspresi dengan adanya teknologi pengenal wajah.

Potensi ke depannya, sistem pengenal wajah dapat membuat karakter jadi lebih nyata. Selain itu, game virtual reality juga menggunakan pengenal wajah untuk berkomunikasi. Augmented Virtual Reality game saat ini sudah berkembang dan akan terus dikenal oleh banyak orang.

  1. Seni

Mengenal karakteristik wajah untuk seni sudah menjadi hal yang biasa. Namun tahukah kamu jika teknologi ini dapat menciptakan seni secara langsung melalui wajah yang dideteksi? Ya, baik itu foto, video, gambar atau lukisan semuanya bisa menggunakan sistem biometriknya.

Nantinya hasil akhir karya seni akan menampilkan wajah kamu sebagai karakter utama. Jika digunakan untuk pentas seni, sistem ini sangat membantu dunia hiburan. Program televisi dan perfilman bisa jauh lebih berkembang dengan adanya teknologi pengenal wajah.

Salah satu contoh film yang menggunakan sistem pengenal wajah untuk karakternya adalah Fast and Furious Series ke 7. Di sana ada karakter yang pemeran aslinya sudah meninggal karena kecelakaan. Dengan teknologi, karakter itu bisa dihidupkan lagi meski hanya sesaat.

  1. Pembuatan Robot AI

Potensi perkembangan teknologi Face Recognition yang terakhir adalah untuk robot AI. Dari sistem yang ada, robot bisa mendeteksi tingkah laku seseorang. Gerak gerik struktur wajah kamu bisa dilihat dan dideteksi untuk menemukan berbagai kecenderungan.

Dari kecenderungan yang ada, robot AI bisa menyimpulkan kondisi dirimu pada saat itu. Jika dilihat dari sudut pandang lain, robot AI juga dapat meniru ekspresi manusia. Dengan sistem yang ada, pergerakan mata, pipi, alis dan kulit bisa ditiru sedemikian rupa.

Berdasarkan berbagai aspek di atas, sistemnya memang dapat mempengaruhi bidang-bidang tertentu. Kita sebagai masyarakat hanya ingin merasakan manfaat yang diberikan. Adanya pengembangan sistem pengenal wajah diharapkan dapat memberikan dampak positif.\

Leave a Reply

Your email address will not be published.