Pilih Laptop atau PC Desktop, Lebih Baik yang Mana?

Beberapa orang masih bingung ketika memilih laptop atau PC desktop karena beberapa alasan. Laptop adalah perangkat komputer yang bentuknya lebih sederhana dibandingkan PC desktop. Dilihat dari bentuknya, laptop bisa dibawa ke mana saja karena komponennya dibuat kecil.

Laptop dianggap banyak orang sebagai komputer jinjing karena bisa dibawa dan dilipat. Untuk PC desktop atau disebut komputer rakitan, komponennya lebih besar. Bagian layar Monitor dan CPU dipisahkan sehingga memakan ruang lebih banyak dibandingkan laptop.

Meskipun di zaman sekarang ini mulai bermunculan beberapa komputer All in One yang artinya semua komponen ditempatkan dalam satu tempat. Laptop atau PC desktop rakitan masih bisa bersaing secara ketat di pasar dengan spesifikasi yang ada di setiap komponennya.

Struktur komponen laptop yang diperkecil dan komputer rakitan memberikan kualitas berbeda. Performa keduanya tidak sebanding karena perbedaan ukuran tersebut. Namun kamu juga harus memahaminya dari beberapa sudut pandang ketika memilih salah satu tipe komputernya.

Cara Memilih Laptop atau PC Desktop Sebelum Membeli

Sebelum membeli, spesifikasi komputer itu harus diketahui agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika masih bingung saat ingin membelinya, maka pelajari dulu aspek penentu kualitas PC. Berikut ada 7 poin yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop atau desktop.

  1. Motherboard

Komponen utama PC adalah motherboard atau disingkat mobo yang jadi wadah sirkuit untuk komponen lainnya. Tanpa adanya mobo, komputer tidak akan bisa beroperasi. Laptop dan desktop menggunakan struktur sirkuitnya masing-masing karena komponennya berbeda.

Biasanya mobo laptop ditanam di dalam bersama komponen lainnya. Berbeda dengan PC rakitan, mobo bisa dibongkar pasang karena sambungannya berada di casing CPU. Untuk memodifikasi komputer, PC rakitan lebih mudah karena letaknya terbuka.

Jika menggunakan laptop, kamu harus bongkar semuanya agar bisa dimodifikasi. Dengan poin ini, kamu bisa memahami bahwa PC rakitan lebih fleksibel dibandingkan Laptop. Tapi kamu juga harus tahu spesifikasi laptop atau PC desktop lainnya agar lebih bijak dalam memilih.

  1. Kartu Grafis

Komponen kedua yang harus diketahui spesifikasinya adalah kartu grafis. Fungsi kartu grafis untuk menambah performa visual di layar monitor agar lebih bagus. Kartu grafis juga sering disebut sebagai VGA (Video Ghrapic Accelerator) dan bisa tertanam di mobo.

Laptop biasanya menggunakan kartu grafis yang komponennya tertanam di mobo. Karena di dalam mobo laptop sudah terpasang satu paket, kamu tidak bisa memodifikasinya lagi. Tentu saja ada perbedaan antara laptop atau PC desktop mengenai perihal ini.

PC Desktop memiliki satu keunggulan yaitu kartu grafisnya bisa diubah atau di upgrade. Hal ini tentu saja sangat membantu, karena spesifikasinya bisa ditingkatkan lagi. Meski laptop sudah tidak bisa diubah, kamu tetap bisa mendapat kartu grafis kualitas tinggi.

  1. Memori

Salah satu komponen PC laptop dan desktop yang bisa diubah spesifikasinya adalah memori penyimpanan. Laptop memang memiliki komponen yang sudah tertanam di bagian mobo. Tapi untuk memorinya, laptop bisa diberi penyimpanan tambahan dengan memori eksternal.

Sama halnya dengan PC Desktop yang memorinya bisa menggunakan eksternal atau internal. Untuk memori internal, posisi pemasangannya berada di dalam CPU. Sedangkan tipe memori eksternal dipasangkan di luar dengan menggunakan kabel khusus USB.

Tipe memori laptop atau PC desktop juga ada 2 jenisnya yaitu HDD dan SSD. Untuk harganya, HDD lebih murah dibandingkan SSD karena kecepatannya lebih tinggi. Namun untuk ukuran penyimpanan, kamu bisa dapat kapasitas besar dengan harga murah jika membeli HDD.

  1. RAM

Komponen lain yang dapat dimodifikasi di setiap jenis komputer adalah RAM (Random Access Memory). Fungsi utama dari RAM yaitu menyimpan sementara data yang sudah diproses oleh komputer. Penyimpanan itu digunakan untuk mengaktifkan program, utilitas dan aplikasi.

Tanpa RAM, laptop atau PC desktop juga tidak akan beroperasi maksimal. RAM bisa kamu tingkatkan spesifikasinya dengan membeli kapasitas yang lebih besar. Semakin besar memori RAM, maka performa komputer juga akan semakin lancar karena ruang yang ada.

Ketika membeli komputer, RAM harus diperhatikan kapasitasnya. Baik itu untuk laptop atau desktop, keduanya perlu kapasitas RAM yang besar. Oleh sebab itu, komponen ini sering kali diperhatikan terlebih dahulu karena fungsinya sangat krusial bagi performa komputer.

  1. Prosesor

Dengan adanya keempat komponen di atas, PC tidak akan beroperasi tanpa diberi prosesor sebagai inti sirkuit. Letak prosesor laptop yang berada di mobo biasanya tertanam dan tidak bisa dimodifikasi lagi. Berbeda dengan PC Desktop yang bisa diubah dan di upgrade.

Prosesor ada banyak jenisnya seperti Intel, AMD, Apple, Transmeta hingga ARM. Saat ini ada 2 jenis prosesor yang bersaing yaitu Intel dan AMD. Kamu bisa membeli komputer dengan memperhatikan jenis dan tipe prosesornya terlebih dahulu untuk menjamin kualitas.

Semakin tinggi tipe atau series prosesornya, maka performa juga semakin membaik. Apple jadi satu brand yang berdiri sendiri karena spesifikasi sistemnya berbeda dari Intel dan AMD. Kamu disarankan memilih prosesor seri terbaik ketika membeli laptop atau PC desktop.

  1. Bentuk

Seperti pembahasan sebelumnya spesifikasi laptop dan desktop pada dasarnya berbeda dari bentuknya. Laptop memiliki bentuk lebih kecil sehingga bisa dibawa ke mana saja. Sedangkan PC Desktop, komponennya bersifat eksternal sehingga bisa dibongkar dan dipasang.

Laptop memang lebih simpel karena monitor, keyboard, touchpad mouse dan CPU diletakkan dalam satu susunan. Bentuknya juga kecil dibandingkan PC Desktop dan bisa dibawa ke mana saja. Jika kamu kerja di luar ruangan dan butuh komputer, maka laptop bisa jadi jawabannya.

Namun jika kamu bekerja di dalam ruangan dalam satu tempat, maka PC Desktop jauh lebih baik dibandingkan laptop. Alasannya karena spesifikasi bisa lebih tinggi dibandingkan laptop. Laptop atau PC desktop memiliki karakternya masing-masing untuk digunakan bekerja.

Selain untuk bekerja, beberapa orang juga memilih salah satunya sebagai alat bermain game. Laptop sekarang, sudah banyak yang menawarkan spesifikasi tinggi. Tentu saja pilihan ada di tangan kamu karena harga yang ditawarkan laptop dan desktop berbeda.

  1. Harga

Dari segi harga laptop atau PC desktop, laptop lebih mahal dibandingkan PC Desktop dengan spesifikasi yang sama. PC rakitan lebih terjangkau karena semua komponennya dijual terpisah dan bisa dirancang sendiri spesifikasinya. Sedangkan laptop, semua komponen asli dan dirancang oleh pabrik.

Untuk bekerja, laptop lebih disarankan karena memiliki mobilitas tinggi dan bisa dibawa ke mana saja. Meskipun harganya lebih mahal, pekerjaan tetap bisa dilakukan meski berada di luar ruangan sekalipun. Namun untuk PC kantoran, biasanya dirakit dengan spesifikasi ringan.

Tujuannya untuk menjangkau pengeluaran dengan komponen yang dirakit. Baik PC desktop atau laptop, keduanya menawarkan harga yang berbeda-beda. Kelima komponen di atas juga memiliki harga yang berbeda-beda jika dilihat dari harga satuannya.

Salah satu komponen seperti prosesor bisa lebih mahal dari kartu grafik atau sebaliknya. Oleh sebab itu, kamu harus paham setiap komponennya agar mendapatkan spesifikasi terbaik. Beli laptop atau PC desktop juga sebaiknya dilakukan di toko resminya secara langsung.\

Leave a Reply

Your email address will not be published.