Pro dan Kontra IoT (Internet of Things) di Zaman Digital

Munculnya pro dan kontra IoT jadi salah satu perbincangan di zaman digital sekarang ini. Pada dasarnya IoT (Internet of Things) adalah teknologi yang bisa diintegrasi dengan berbagai macam hal. Baik itu teknologi jaringan, mekanik, komputer, transportasi hingga medis, semua bisa.

Saat ini, kamu sudah menggunakan teknologi IoT melalui gadget seperti HP Smartphone dan komputer dengan jaringan internet. Di tahun 1990, ada salah satu ahli teknologi yang berhasil membuat perangkat pintar pertama dengan menggunakan alat pemanggang roti.

Kevin dari Institute of Technology John Romkey berhasil mengoperasikan pemanggang roti dengan komputer. Karena terjadi interaksi antar 2 objek dari suatu hubungan, maka terciptalah konsep dasar IoT. Sampe sekarang, ada banyak pro dan kontra IoT yang beredar di bidang teknologi.

Salah satu tanggapan pro mengatakan bahwa IoT akan membantu banyak orang. Sedangkan dari pihak kontra menganggap bahwa teknologi IoT berbahaya karena variabelnya tidak menentu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa coba memahami beberapa penjelasan berikut ini.

Pro dan Kontra IoT dari Masa ke Masa

Teknologi IoT dapat digunakan untuk mengirimkan objek dalam bentuk data ke perangkat lainnya dengan menggunakan koneksi tanpa adanya campur tangan manusia dan komputer. Jika dilihat dari definisinya, teknologi ini bisa terjadi tanpa perlu interaksi antar manusia ke manusia.

Pihak Pro mendukung adanya teknologi IoT, karena manusia menjadi dimudahkan dalam segala urusan. Namun jika disalahgunakan, teknologi IoT juga dapat membahayakan banyak orang. Pro dan kontra IoT selalu dihubungkan dengan adanya sebab akibat dari penemuan baru.

Dari tahun ke tahun, sudah ada banyak perangkat yang bisa dioperasikan dari jauh. Dari zaman modern ke digital, teknologi IoT selalu menjadi penyebab terjadinya transisi. Banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Contoh komunikasi antar cabang perusahaan bisa dilakukan melalui video conference. Dengan teknologi tersebut, kamu tidak perlu berkumpul di dalam satu tempat. Cukup gunakan teknologi yang ada, komunikasi jadi lebih lancar dan bisa dilakukan dimana saja kapan saja.

Cara Kerja Teknologi IoT di Zaman Digital

IoT memiliki ekosistemnya sendiri yang menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya di dalam jaringan. Tanpa jaringan, IoT tidak akan terkoneksi dengan perangkat lainnya. Selain dari jaringan, IoT juga bisa dihubungkan dengan prosesor, program, sistem dan sensor.

Pro dan kontra IoT juga berhubungan dengan adanya kecerdasan buatan di masa sekarang ini. AI (Artificial Intelligence) mampu berevolusi dengan program dan algoritmanya sendiri. Ketika sudah sampai ke tahap tertentu, AI bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia.

Selain itu, teknologi IoT juga bisa digunakan untuk membantu proses modernisasi transportasi. Mobil listrik menggunakan sensor untuk mendeteksi jalan dan dihubungkan pada jaringan GPS. Tentu saja GPS bisa bekerja karena terhubung dengan internet agar dapat dilacak lokasinya.

Di bidang kesehatan, IoT juga berperan untuk membantu proses penyembuhan pasien. Contoh sederhananya seperti menggunakan kamera endoskopi untuk mengecek kondisi dalam tubuh. Dari perkembangan yang ada, IoT akan menyesuaikan diri dengan teknologi di sekitarnya.

Pro dalam Menanggapi Perkembangan IoT

Adanya pro dan kontra IoT di masa transisi memang harus dipahami oleh setiap orang. Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi poin utama mengapa banyak pihak menganggap IoT sangat menguntungkan. Keuntungan ini bisa dilihat dari beberapa aspek penting dalam kehidupan.

  1. Akses Informasi

Dengan adanya teknologi IoT, kita bisa lebih mudah dalam mengakses informasi. Bahkan alat yang digunakan untuk mengaksesnya juga mudah dicari. Contohnya seperti komputer dan HP yang dihubungkan ke jaringan internet lalu digunakan untuk mengakses browser.

  1. Meningkatkan Jangkauan Komunikasi

Teknologi IoT juga mempermudah kita untuk berkomunikasi karena adanya jaringan internet. Dengan menggunakan aplikasi sosial media atau chat, komunikasi bisa dilakukan dari jauh. Hal ini juga didukung dengan gadget yang sudah semakin canggih di era digital.

  1. Transfer Data

Karena menggunakan jaringan, transfer data bisa dilakukan dalam kurun waktu cepat. Kamu juga bisa mengirimkan data elektronik dengan berbagai ukuran jika memiliki koneksi cepat. Namun tetap saja, ada pro dan kontra IoT dalam mengirimkan data digital ini.

  1. Bisnis

Dalam berbisnis, teknologi IoT membantu peningkatan produktivitas perusahaan. Hal ini bisa disebabkan oleh mesin berteknologi canggih yang menggunakan sistem IoT. Selain itu, ketiga poin di atas juga masuk dalam peningkatan produktivitas dalam berbisnis.

  1. Kurangi Campur Tangan Manusia

Pro dan kontra IoT juga terjadi pada peningkatan produktivitas karena pengurangan campur tangan manusia juga bisa dilakukan. Pihak Pro menganggap bahwa jaringan internet membuat semuanya menjadi lebih simpel. Kinerja jadi lebih efektif dengan manfaat yang di dapat dari teknologi IoT.

  1. Kota Pintar

IoT juga mempengaruhi kota atau perkembangan suatu negara. Dengan IoT, kota bisa jadi lebih canggih di setiap sektor-sektornya. Contoh seperti peringatan bencana alam dari gadget melalui pendeteksi gempa, gunung meletus, tsunami dan banjir.

Kontra dalam Menanggapi Teknologi IoT

Pro dan kontra IoT akan memperlihatkan perkembangan teknologi dari berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang kontra, ada beberapa hal negatif yang bisa dirasakan dari perkembangannya. Berikut ini poin-poin penting yang diwaspadai dari perkembangan teknologi IoT.

  1. Keamanan

Pihak Kontra mengatakan bahwa AI dan Teknologi IoT bisa membahayakan manusia karena ada celah sistem bisa dibobol dari luar. Dilihat dari cara kerja teknologi IoT, jaringan dapat terhubung dari luar menggunakan internet dan disalurkan melalui sistem serta program.

  1. Penipuan

Karena penyampaian informasi dan jaringannya lebih cepat, penipuan bisa terjadi di mana saja. Hal inilah yang harus diwaspadai ketika berada di masa transisi IoT zaman digital. Kamu harus berhati-hati ketika menggunakan jaringan internet agar terhindar dari informasi palsu.

  1. Pencurian Informasi

Karena device yang terhubung ke internet ada banyak, maka orang lain bisa dengan mudah mengakses informasimu. Pencurian informasi di era digital sudah marak terjadi. Oleh sebab itu, ada banyak orang yang menentang perkembangan ini karena dampaknya berbahaya.

  1. Dampak Sosial

Pro dan kontra IoT pasti akan menyangkut sikap manusia dalam berkomunikasi. Jika dilihat dari efisiensi yang diberikan, manusia jadi lebih jarang bertatap muka secara langsung. Hal ini dikarenakan orang lebih memilih gadget dibandingkan tatap muka karena efisiensi yang ada.

  1. Transaksi Ilegal

Dengan adanya jaringan internet, transaksi ilegal bisa dilakukan dari tempat yang berbeda. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya karena objek yang diperdagangkan melawan hukum. Contoh aktivitas transaksinya seperti jual beli persenjataan, psikotropika dan barang ilegal.

  1. Alat Perang

Masalah terakhir yang jadi kondisi utama saat ini adalah IoT digunakan untuk perang. Baik itu dalam bentuk perang digital espionase, sabotase, menggiring opini publik hingga peretasan. Jika IoT tidak digunakan dengan baik, maka efeknya bisa menimbulkan perang antar negara.

Dengan memahami konsep dasar IoT, kamu bisa menemukan berbagai hal menarik di dalamnya baik dalam bentuk positif maupun negatif. Pro dan kontra IoT harus dipahami karena efeknya pasti akan dirasakan langsung di dalam kehidupan manusia saat ini.\

Leave a Reply

Your email address will not be published.